Layanan & Bimbingan PTP

 

Menu Form Pendaftaran Layanan


97%

Layanan short assessment training

Peserta individual (guru) yang telah mendaftar dalam layanan ini telah hampir mencapai kuota untuk setiap bulannya sampai Desember 2017, sehingga kami akan batasi kuota pendaptaran dengan seleksi peserta melalui ketentuan yang berlaku

Sementara itu, bagisekolah yang ingin mengembangkan penilaian berbasis ICT secara konsisten dan berkomitmen tinggi,kami senantiasa terbuka memberikan layanan dan bimbingan.

segera kirimkan surat resmi ke LPMP Banten, biaya narasumber dari LPMP (khusus wilayah Banten) oleh karena itu kuota untuk layanan dan bimbingan bagi sekolah sangat terbatas. (surat dapat ditembuskan ke WhatsApp kami/agus,ali,taufik, klik di sini)

72%

Layanan konsultasi & Bimbingan rutin

Pelayanan konsultasi dan bimbingan dalam penerapan sistem/ model pengembangan media dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK kami selalu membuka setiap bulannya dan kuotanya tidak dibatasi .

Selain itu kami juga menerima kebutuhan Anda yang ingin mengimplementasikan Sistem Informasi Manajemen Sekolah dengan aplikasi gratis yang akan kami berikan kepada Anda.


(surat dapat ditembuskan ke WhatsApp kami/Ali,agus,taufik, klik di sini)

 

Layanan Pengembangan Penilaian Berbasis ICT

Fokus yang akan dibahas dalam program layanan ini adalah berupa penilaian hasil belajar siswa. Pokok bahasan ini kami kemas dengan tema “Penilaian Sebagai penggerak Mutu Pembelajaran”. Penilaian adalah salah satu bagian penting dari proses pembelajaran karena dapat membantu untuk mengindentifikasi strategi dan aktivitas paling efektif yang akan meningkatkan belajar siswa. Hal ini menjadi penguat dari praktik pemanfaatan penilaian yang selama ini dilakukan di sekolah yang hanya untuk memberikan bagaimana hasil belajar siswa telah dicapai. Dengan kata lain penilaian mempunyai beragam fungsi, yaitu penilaian sebagai belajar, untuk belajar, dan penilaian hasil belajar.

Mengapa fokus penilaian ini dibahas, karena saat ini, masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam melaksanakan dan memanfaatkan penilaian yang tertuang dalam Permendikbud nomor 104 tahun 2014 tentang penilaian hasil belajar oleh pendidik yaitu yang terdapat dalam pasal 3 dijelaskan bahwa tujuan penilaian ini adalah untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi, menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi, penetapan program remedial dan pengayaan serta memperbaiki proses pembelajaran.

Apa Tujuan Layanan ini ?

Tujuan umum dari layanan ini adalah “Setelah para guru mengikuti layanan ini sampai akhir, mereka mampu meningkatkan kompetensi guru dalam hal penilaian hasil belajar siswa sehingga dapat menyusun dan mengelola proses penilaian siswa dengan baik”.

Sementara itu, tujuan khusus dari layanan ini adalah :

1) Setelah mengamati paparan fasilitator, guru dapat menjelaskan makna evaluasi hasil belajar siswa dari persepsi quality assurance dengan baik.
2) Setelah berdiskusi tentang kerunutan KD pada standar isi, guru dapat menjelaskan learning continoom berdasarkan KD.
3) Setelah mengerjakan LK menjodohkan antara tingkat kognitif bloom, guru dapat mengkalisifikasikan taksonomi Bloom.
4) Setelah menganalisis KD berdasarkan materi ajar dan taksonomi bloom, guru dapat membuat tujuan pembelajaran berdasarkan SK dan KD
5) Setelah mengamati tujuan pembelajaran, guru dapat menyusun indikator soal yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
6) Setelah mengamati indikator soal, guru dapat menyusun soal tes bagi siswa
7) Setelah mengerjakan LK norma-norma penyusunan soal, guru dapat menjelaskan norma-norma penyusunan soal
8) Setelah mengamati soal yang telah dibuat, guru dapat mengkritisi soal berdasarkan norma-norma penyusunan soal.
9) Setelah melakukan praktek penggunaan aplikasi examview di komputer, guru dapat membuat bank soal dan perangkat tes berbasis ICT
10) Setelah melakukan praktek penggunaan aplikasi zipgrade di HP android, guru dapat menscan LJK dan mengetahui hasilnya dengan cepat
11) Setelah melakukan praktek penggunaan aplikasi analisis tes excel di komputer, guru dapat menganalisis hasil tes siswa.

Hasil Akhir yang ingin tercipta di sekolah

ASSESMENT CENTER SCHOOLS

Sebuah sub unit yang berada di bawah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum yang menangani pelaksanaan kendali mutu bidang penilaian.

Assesment Center ini dibentuk dalam rangka mewujudkan pelaksanaan standar penilaian pendidikan di sekolah. Standar penilaian pendidikan adalah kriteria mengenai mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik.

FUNGSI UTAMA ASSESMENT CENTER SCHOOLS

Melakukan pengarsipan instrument penilaian dalam bentuk bank soal dari semua guru.

Melakukan pengarsipan nilai siswa dari semua guru.

Menyiapkan perangkat tes yang diambil dari bank soal bagi semua guru.

Menganalisis hasil tes belajar siswa yang telah dilakukan oleh semua guru.

Memberikan laporan dan rekomendasi peningkatan kompetensi siswa berdasarkan hasil tes belajar siswa kepada kepala sekolah agar dapat menjadi sebuah masukan untuk mengevaluasi program pembelajaran yang sudah disusun sekolah.

Pusat informasi nilai hasil belajar siswa di sekolah sehingga dapat mengomunikasikan kepada siswa, orangtua, dan institusi akademik lain tentang hasil perkembangan belajar siswa.

SISTEM MODEL PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN PENILAIAN BERBASIS ICT BAGI GURU SD DAN SMP DI BANTEN

Diharapkan setiap sekolah pada jenjang pendidikan dasar (SD) dan menengah (SMP) di provinsi Banten mampu meningkatkan kompetensi gurunya dalam hal penilaian hasil belajar siswa sehingga dapat menyusun dan membuat instrument tes/soal dengan baik melalui

pelatihan tahap 1

Diharapkan setiap sekolah pada jenjang pendidikan dasar (SD) dan menengah (SMP) di provinsi Banten mampu meningkatkan kompetensi gurunya dalam hal mengembangkan bank soal berbasis ICT berdasarkan soal yang telah dianalisis melalui

pelatihan tahap 2

Bagi anda atau sekolah yang berminat untuk berkonsultasi tentang pembentukan Assessment Center Schools silahkan hubungi kami


Contact us

Untuk berbagi pengalaman dan sharing informasi dengan Anda, kami memiliki akun Facebook

"info teknologi pendidikan LPMP Banten".

Silahkan like pada facebook ini bila Anda menyukainya.